Khutbah Shalat Gerhana Syaikh Sholeh Al Fauzan Zaman Jahiliyah

Dalam halaman ini kami transkrip & terjemahkan khutbah singkat Syaikh Sholeh Al Fauzan hafizhahullah (anggota Al Lajnah Ad Daimah) saat terjadi gerhana bulan di kota Riyadh KSA, Sabtu kemarin, 15 Muharram 1433 H, 10/12/2011 setelah shalat Maghrib. Semoga kita bisa mengambil nasehat beliau sebagai pelajaran berharga.
Bismillahirrahmanirrahim. Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam, shalawat & salam kepada Nabi kita Muhammad, kepada keluarga & seluruh sahabatnya.
Dulu di zaman jahiliyah, orang-orang menyembah matahari & bulan. Allah Ta’ala berfirman,
وَمِنْ آَيَاتِهِ اللَّيْلُ وَالنَّهَارُ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ لَا تَسْجُدُوا لِلشَّمْسِ وَلَا لِلْقَمَرِ وَاسْجُدُوا لِلَّهِ الَّذِي خَلَقَهُنَّ إِنْ كُنْتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ
“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah malam, siang, matahari & bulan. Janganlah sembah matahari maupun bulan, tapi sembahlah Allah Yang menciptakannya, Jika Ialah yang kamu hendak sembah.” (QS. Fushilat: 41)
Di zaman jahiliyah dahulu juga terdapat anggapan ketika terjadi gerhana matahari atau bulan, itu terjadi karena kematian atau lahirnya seseorang. Dan memang dahulu terjadi gerhana di masa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam karena kematian anaknya, Ibrahim. Jadi orang-orang mengira gerhana itu terjadi karena kematian anaknya. Itulah keyakinan jahiliyah yang masih ada dahulu. Lantas Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menerangkan,
إِنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ آيَتَانِ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ ، لاَ يَنْخَسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ
“Matahari & bulan adalah di antara tanda yang membuktikan kebesaran Allah. Gerhana itu muncul bukan karena sebab kematian seseorang”.[1] Ketika terjadi gerhana, Allah ingin menakuti hamba-hamba-Nya. Terjadinya gerhana bukanlah karena kematian seseorang. Allah hanya ingin menakuti hamba-Nya kala itu. Ketika gerhana itu terlihat, maka segeralah shalat & berdo’alah sampai gerhana tersebut berakhir.
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
إِنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ آيَتَانِ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ ، لاَ يَنْكَسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ وَلاَ لِحَيَاتِهِ
”Matahari & bulan adalah dua tanda di antara tanda-tanda kekuasaan Allah. Kedua gerhana tersebut tak terjadi karena kematian atau lahirnya seseorang.” (HR. Bukhari no. 1060 & Muslim no. 904). Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam di sini mengingkari aqidah jahiliyah yang keliru ketika terjadinya gerhana matahari & bulan. Dan hendaklah ketika terjadinya gerhana tadi, setiap orang shalat & perbanyak do’a kala itu sampai gerhana berakhir.
Gerhana di masa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam hanyalah sekali terjadi di Madinah setelah hijrah. Ketika itu beliau keluar dgn rida’ (selendang) dgn penuh khusyu’ dlm keadaan takut pada Allah Ta’ala. Keadaan beliau kala itu seakan-akan terjadi kiamat. Perlu diketahui bahwa tak ada yang mengetahui hari kiamat selain Allah Ta’ala. Beliau kemudian shalat bersama para sahabatnya, yaitu shalat kusuf (shalat gerhana). Beliau memperpanjang bacaan, ruku’ & sujudnya. Lama bacaan beliau seperti sedang membaca surat Al Baqarah. Setelah membaca surat, lalu beliau ruku’ dgn ruku’ yang panjang seperti berdiri. Setelah ruku’, (beliau tak langsung sujud) namun melanjutkan dgn membaca surat Al Fatihah & surat yang panjang yang lebih ringan dari yang pertama. Lalu setelah itu beliau ruku’ dgn ruku’ yang lebih ringan dari yang pertama. Setelah itu beliau melakukan dua kali sujud. Kemudian beliau berdiri & melanjutkan raka’at kedua sama dgn cara pada raka’at pertama namun dgn tata cara yang lebih ringan. Kemudian setelah selesai raka’at kedua (seperti shalat lainnya), beliau salam. Gerhana pun selesai, lantas beliau pun memberikan nasehat pada para sahabatnya. Beliau memberi nasehat sesuai kondisi saat itu.
Intinya di atas, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melakukan shalat sebanyak dua raka’at. Setiap raka’at terdapat 2 kali ruku’ & 2 kali sujud. Jadi keseluruhan raka’at shalat gerhana terdapat 4 kali ruku’ & 4 kali sujud. Demikianlah tata cara shalat gerhana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam & inilah riwayat yang shahih yang lebih kuat dari riwayat lainnya. Namun memang ada berbagai riwayat yang menerangkan shalat kusuf (gerhana). Akan tetapi, yang tepat adalah shalat gerhana yang beliau lakukan cuma sekali. Sehingga tak mungkin kita katakan kadang beliau melakukan cara yang ini & waktu lain beliau melakukan cara yang lain lagi. Ingatlah bahwa beliau hanya shalat gerhana sekali saja, sehingga tata cara yang menerangkan shalat gerhana hanyalah satu. Tata cara yang lebih tepat adalah seperti yang diterangkan dlm hadits yang telah kami sebutkan. Siapa yang telah melakukan seperti itu, maka alhamdulillah, segala puji hanya bagi Allah.
Adapun yang dilakukan oleh sebagian orang yang malah ketika terjadinya gerhana, mereka menanti-nanti datangnya gerhana di padang pasir & meninggalkan shalat gerhana. Ini sungguh perbuatan orang bodoh & tanda kurangnya iman mereka. Padahal mereka bisa saja shalat.
Perlu dipahami bahwa boleh saja gerhana ini tanda awal-awal datangnya musibah. Perlu dipahami, siapa yang mampu membuat sinar matahari akan terus bersinar, begitu pula dgn rembulan? Siapa pula yang bisa menjamin bahwa sinar matahari yang tertutup tadi bisa kembali, begitu pula rembulan? Bukankah jika sinar keduanya itu hilang menandakan hari kiamat? Bukankah bisa jadi peristiwa ini adalah awal-awal datangnya adzab? Nas-alullaha al ‘afiyah (kita meminta pada Allah keselamatan).
Seorang muslim tentu tak bisa campur tangan dlm hal-hal tadi, namun ia hanya bisa tunduk & pasrah serta beriman kepada Allah & Rasul-Nya. Para pakar memang bisa memperkirakan kapan gerhana itu datang, dapat diketahui dgn perhitung-perhitungan ketika melihat pergerakan bulan & matahari. Hal ini dapat dikenal dari ilmu falak. Namun hal ini tidaklah menghalangi manusia utk shalat sebagaimana diperintahkan. Gerhana juga menandakan bahwa sesuatu bisa berubah dgn kehendak Allah, Dia-lah yang menjadikan gerhana tersebut ada.
Ringkasnya, kita wajib yakin, patut, & takut pada Allah saat keadaan seperti ini. Dan sekali lagi perlu dipahami bahwa gerhana adalah di antara tanda-tanda kiamat. Perlu diketahui bahwa setelah nabi berhijrah, gerhana hanya terjadi sekali, itu baru terjadi selama 10 tahun. Coba lihat sekarang, gerhana terjadi setiap tahun, yaitu terjadi gerhana matahari & bulan silih berganti. Ini semua dgn kehendak Allah demi menakut-nakuti hamba-Nya. Nas-alullaha as salaamah wal ‘afiyah (kita meminta pada Allah keselamatan).
Namun ada sebagian orang yang menyangka terjadinya gerhana hanyalah peristiwa alamiah karena perputaran matahari & bulan saja. Lalu mereka nyatakan bahwa yang meyakini gerhana itu terjadi karena Allah ingin menakut-nakuti hamba-Nya sehingga diperintahkan shalat (gerhana), itu hanyalah anggapan khurafat. Sungguh mereka yang menyatakan semacam ini, berarti mengutarakan sesuatu kekufuran, tak lain & tak bukan itu adalah pernyataan kufur. Masa’ mereka menyatakan ini khurofat? Dan ini berarti menyatakan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebarkan khurofat? Kita berlindung pada Allah dari pemahaman sesat semacam itu. Lihatlah bagaimana yang mengutarakan pernyataan sesat di atas benar-benar telah tertipu & benar-benar bodoh.
Kita mohon pada Allah keselamatan & moga kita dihilangkan dari berbagai kejelekan. Semoga Allah menganugerahkan pada kita taubat yang ikhlas, & moga Allah beri kita taufik dlm perkataan & perbuatan.
Shalawat & salam kepada Nabi kita Muhammad, kepada keluarga & seluruh sahabatnya.
[Khutbah Syaikh Shalih di atas diambil dari rekaman di tangan penulis saat membahas kitab fikih “Muntaqal Akhbar”, Bab “Batasan Aurat Laki-Laki”, di Masjid Jaami’ Al Amir Faishol bin Fahd di Hayy Malqo, Riyadh KSA, di hari Sabtu, 15 Muharram 1433 H, 10 Desember 2011. Khutbah berlangsung pada menit 46:33 – 56:15. Durus sementara dihentikan utk pelaksanaan shalat gerhana kurang lebih setengah jam, dilanjutkan dgn khutbah dari Syaikh Shalih Al Fauzan. Yang menjadi imam shalat gerhana adalah salah satu murid senior beliau & di dlm shalat gerhana dibacakan tiga surat dlm dua raka’at: surat Al ‘Ankabut, surat Ar Ruum & setengah surat Luqman. Rekaman khutbah gerhana Syaikh Shalih Al Fauzan dapat didengar secara langsung di web site pribadi beliau di sini]
@ Sabic Lab, Riyadh KSA, 16 Muharram 1433 H

Penerjemah: Muhammad Abduh Tuasikal
Artikel www.muslim.or.id
 

[1] HR. Bukhari no. 1044

sumber: www.muslim.or.id tags: Zaman Jahiliyah, Halaman Ini,

salafy,tata cara sholat gerhana bulan contoh khitobah contoh khitobah pada jaman jahiliyah dan masa islam contoh khutbah ke 2 pada sholat istisqo contoh khutbah khutbah gerhana tanda- tanda jahiliyyah contoh khutbah gerhana matahari contoh khutbah gerhana bulan contoh khutbah jahiliyah contoh khutbah gerhana matahari contoh khutbah sholat gerhana matahari gerhana menurut islam contoh khutbah tentang gerhana matahari lengkap tata cara shalat gerhana matahari salafi