Mengatasi Bau Badan Secara Syariah

Penampilan & pribadi yang baik bisa jatuh seketika karena aroma parfum alami yang keluar dari tubuh. Yup! Parfum alami yang dimaksud tak lain adalah bau badan. Bau badan tak hanya membuat seorang muslimah kehilangan rasa percaya diri, tetapi juga mengganggu indra penciuman orang lain.

Seorang muslimah bisa saja tak membuat kesalahan apa pun, namun ia dijauhi oleh orang lain karena satu masalah ini. Banyak muslimah mengira bau badan ini cukup diselesaikan dgn parfum. Tetapi mari kita renungkan lagi bahwa ada dalil yang melarang seorang muslimah utk mengenakan parfum di luar rumah. Jadi, bagaimana menyiasati bau badan namun tetap dlm koridor syari’at?

Penyebab bau badan

Keringat dihasilkan oleh kelenjar keringat yang bernama kelenjar ekrin & apokrin. Kelenjar ekrin terdapat di hampir seluruh permukaan kulit. Kelenjar ekrin sudah ada sejak kecil di mana keringat yang dihasilkannya tak hanya berfumgsi sebagai alat pengeluaran sisa metabolisme tubuh namun juga berguna utk mengatur suhu tubuh. Kelenjar apokrin terletak di daerah ketiak, payudara, daerah anus & kemaluan. Kelenjar apokrin akan berfungsi aktif setelah remaja & keringat yang dihasilkan dipengaruhi oleh rangsangan emosi. Keringat apokrin mengandung banyak lemak & protein, yang apabila diuraikan oleh bakteri akan menimbulkan bau yang tak enak. Bau inilah yang kemudian dikenal sebagai bau badan.

Mengatasi bau Badan

Ada banyak cara utk mengatasi bau badan. Cara yang termudah adalah mandi 2 kali sehari utk menghilangkan keringat & bakteri. Mengingat kebersihan adalah musuh utama bakteri, pastikan seluruh tubuh terutama ketiak & lipatan tubuh dibersihkan dgn optimal.

Membersihkan rambut ketiak baik dgn dicukur atau dicabut -namun dicabut merupakan cara yan terbaik- akan membantu mengurangi bau badan. Hal ini disebabkan rambut ketiak dapat menahan keringat & memberikan lebih banyak kesempatan bagi bakteri utk melakukan proses penguraian. Bedak talk atau bedak tabur juga bisa dijadikan salah satu solusi utk mengatasi bau badan. Bedak mampu menyerap keringat sehingga bakteri tak bisa menguraikannya.

Cara yang paling umum digunakan adalah menggunaan deodorant & antiperspirant. Deodoran mengandung antiseptik yang menekan pertumbuhan bakteri, sedangkan antiperspirant mengandung bahan yang dapat mengurangi keringat yang keluar. Sekarang tersedia banyak produk yang sekaligus mengandung deodorant & antiperspirant. Hal yang perlu diperhatikan adalah memilih produk yang cocok & aman bagi kulit.

Perhatikanlah makanan yang dikonsumsi. Ada beberapa kandungan makanan yang dapat memicu bau badan, misalnya bawang putih & bawang Bombay. Sebaliknya, perbanyaklah makanan yang dapat mengatasi bau badan secara alamiah misalnya lalapan daun kemangi atau rebusan air daun sirih.

Banyak muslimah yang akan langsung menyadari jika ada yang tak beres dgn bau badan mereka. Namun, ternyata ada juga muslimah yang tak sadar bahwa bau badannya bisa mengganggu kenyamanan orang lain. Sebaiknya mintalah pendapat yang jujur dari teman dekat tentang kondisi bau badan, terutama setelah banyak beraktivitas. Dengan demikian, jika memang bau badan bermasalah akan segera bisa diatasi.

Maroji:

Bau Badan, Bumerang bagi Pergaulan (www.kompas.com)

Penyusun: Ummu Abdirrahman

sumber: www.muslimah.or.id